Oleh: ankopala | 5 Desember, 2010

Malam ini bukanlah malam ini…

Hmmm… Mungkin teman2 bingung dengan judul tulisan ane di atas (sama, ane juga bingung Gan, hehe…). Begini Teman, pernah nggak temen2 berpikir bahwa malam yg kita lihat ini bukanlah malam ini? Maksud ane, kalo temen2 ngelihat langit di malam hari yg cerah pasti kan banyak banget benda2 langit, ya bulan, planet, bintang2 dsb. Benda2 langit tersebut mempunyai letak yg sangat jauh dari bumi, bahkan konon katanya saking jauh jarak tuh benda2 langit manusia menghitungnya pake hitungan tahun cahaya. Ada yg ribuan tahun cahaya, bahkan jutaan tahun cahaya. Mungkin ada yg bingung apa itu tahun cahaya. Begini kawan, misalkan ada sebuah bintang yang jaraknya 1000 tahun cahaya dari bumi, berarti apa bila di suatu saat bintang tersebut bersinar, maka dalam seribu tahun cahaya tersebut baru sampai ke mata kita, atau apa bila bintang tersebut padam, maka dalam seribu tahun baru terlihat padamnya dari bumi. Masih belom ngerti juga?? tanya Mbah Google aja ya. Bisa kita bayangkan berapa jaraknya dari bumi ke bintang tersebut. Kecepatan cahaya adalah 3 x 10 pangkat 8 m/s (300000000 meter per detik), berarti jaraknya dari bumi adalah 300000000 x 3600 x 24 x 365 x 1000 (CMIIW) = ????????? meter (itung sendiri ya, hehehe).

Nah!! Apabila dalam seribu tahun cahaya bintang itu baru sampe ke bumi (mata kita), maka bintang yg kita lihat adalah bintang yang 1000 tahun lalu, bukan bintang pada malam ini. Bayangkan ada berapa juta atau bintang yang ada di langit? Berarti, malam yg kita lihat ini adalah kumpulan malam2 seribu tahun yg lalu, seratus ribu tahun yang lalu, atau satu juta tahun yg lalu.

Sungguh, Allah maha kuasa atas semua benda2 tersebut….

Oleh: ankopala | 4 September, 2008

Cinta?

Beberapa waktu yang lalu ada temen yang nanya sama gw, “Menurut kamu apa sih artinya cinta?”. Waduh, gw bingung tiba2 aja ditanya kaya’ gitu. Gw jawab aja, artinya cinta menurut gw sih, simpel2 aja, yaitu “Pleasure in Giving”. Yupz, pleasure in giving! kurang lebih kalo diartiin pake bahasa Jakarta: kesenangan/kegembiraan/kebahagiaan dalam memberi.

Pokoknya kalo kita memberi sesuatu dan perasaan kita senang, gembira, bahagia itulah cinta. Memeberi di sini tentunya tanpa pamrih apa2. Just giving, hanya memberi dan kita senang dan ikhlas pada saat melakuakannya. Mungkin banyak arti cinta di dunia ini, setiap orang punya pengertiannya sendiri, ada yg bilang cinta itu manis, cinta itu buta, cinta itu pengorbanan, bahkan ada kawan gw yg bilang: love sucks…!!! mungkin dia lagi patah hati kali.

Apapun arti cinta menurut manusia, yang jelas cinta adalah anugerah Allah SWT kepada makhluknya. Kita semua ada di dunia ini karena cinta, Allah menciptakan cinta karena Dia mencintai makhluknya. Bayangin aja kalo di dunia ini gak ada cinta! Wah bisa berantakan semuanya.

Makanya pren karena cinta itu ciptaan Allah yang sangat indah(mungkin bisa dibilang suci,hehehe), janganlah dikotori oleh nafsu yg mengatasnamakan cinta. Emang susah siy ngebedainnya, “ini cinta apa nafsu ya?” hihihi… Hanya mereka,kalian dan saya yg bisa ngejawabnya……

Hmmm….

Malem ini gw dines, gak tau mau ngapain lagi. Alhamdulillah cuaca di Jayapura masih clear. Tempo hari gw kangeeen banget sama suasana Kb. Kopi. Entah kapan gw bisa ke kampung halaman tercinta lagi. Gw kangen sama Keluarga gw, sahabat, udara, panas, aroma, masjid, musholla, dan jalanan di kampung gw. Tapi, alhamdulillah semua itu masih bisa gw tahan, gw simpen, gw pendem, untuk suatu saat gw luapkan semuanya.

Gw juga kangen sama naek gunung, kangen sama letihnya pendakian, beratnya beban, dinginnya hawa gunung, sunyinya rimba, lebatnya hutan, hangatnya di dalam tenda, sunrise di Puncak, berbagi waktu dengan alam. Fhiuuh… kapan ya gw mengulang lagi itu semua. Pokoknya target gw Gunung Semeru 3676 mdpl.

Btw, sekarang tanggal 12 Robiul Awwal yak? Hmmm lebih dari 14 abad yg lalu Rosul kita dilahirin. Gw pengen banget jadiin Rosululloh sbg idola gw, tapi rasanya gw masih belom bisa. Gw masih seneng sama yang bau-bau syubhat, kaya’ dengerin musik, dll. Gw masih belom bisa ngejalanin sunnahnya, spt berisbal, dll. Tapi dalem hati gw yakin, bahwa gak ada yang lebih pantes kita tiru selaen Rosululloh Muhammad SAW. Beliau adalah pribadi no. 1 diseluruh alam ini. Gak hanya orang Muslim yg mengakuinya, tapi juga orang-orang barat, spt Micahel Hart dalam bukunya 100 tokoh yg paling berpengaruh di dunia. Dia menempatkan Rosululloh SAW di urutan pertama. Tentu banyak alasan yg membuat dia menempatkan rosululloh di urutan pertama.

Banyak dari umat Islam ini yg berlomba-lomba memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Banyak pula yg menganggapnya bid’ah. Tentang masalah ini gw belom tau yg mana yg paling bener? Gw masih mencari-cari. Tapi menurut gw, daripada mempermasalahkan itu bid’ah ato nggak, mendingan gw benerin Aqidah gw dulu. Rasanya aqidah gw jauh dari sempurna. Gw masih sering takut sama yg selain Allah SWT, gw masih sering ibadah gak tulus hanya untuk Allah, gw masih sering maksiat yg gw tau Allah pasti ngeliat gw, gw masih sering bekerja karena Boss, bukan karena Allah, gw masih cinta yg Allah belom tentu cinta. Gw pengen berubah, tapi cuma bisa bertahan sebentar, habis itu futur lagi, lemah lagi, geblek lagi.

Ya Allah, golongkanlah aku kepada golongan orang2 yg ikhlas…

Oleh: ankopala | 5 Februari, 2008

Hasbunalloh

Hasbunalloh Wa Ni’mal Wakiil…

Malem ini hati gw enggak tenang banget, gak tau kenapa. Rasanya pengen teriak, buat ngelepasin semua ini. Gw kangen sama suasana rumah gw, ortu gw, adek2  gw, temen2 gw, n “schatzi” gw.  Gw kangen sama suasana di hutan, di gunung, di dalem tenda, kedinginan, kelelahan, muncak.

Tapi kaya’nya itu belom semua. Masih ada yg gak terungkap di hati gw. Gw bingung mau ngapain, hati gw gak tenang. Akhirnya gw inget ada ayat Qur’an yg artinya berbunyi: …Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram (Q.S 13:28). Langsung gw wudhu, gw baca beberapa ayat Ali ‘Imron, gw baca terjemahnya. Alhamdulillah, hati gw jadi lebih tenang.

Gw juga berpikir alangkah bahagianya manusia yang bisa mempraktekan hidup dengan “hasbunalloh wa Ni’mal wakiil.” Mungkin hidup mereka bahagia selalu ya? selalu bersyukur, apapun yang terjadi. Semuanya diserahkan kepada Allah, semuanya hanya untuk Allah, cintanya hanya untuk Allah dan yang dicintai Allah. Cukuplah Allah baginya.

Malem ini gw pengen hidup spt itu, tapi….

Oleh: ankopala | 9 Desember, 2007

Malaria

siklus-malaria.jpgMalaria adalah penyakit yang menyerang manusia, burung, kera dan primata lainnya, hewan melata dan hewan pengerat, yang disebabkan oleh infeksi protozoa dari genus Plasmodium dan mudah dikenali dari gejala meriang (panas dingin menggigil) serta demam berkepanjangan. Malaria adalah penyakit yang menyerang manusia, burung, kera dan primata lainnya, hewan melata dan hewan pengerat, yang disebabkan oleh infeksi protozoa dari genus Plasmodium dan mudah dikenali dari gejala meriang (panas dingin menggigil) serta demam berkepanjangan.
Dengan munculnya program pengendalian yang didasarkan pada penggunaan residu insektisida, penyebaran penyakit malaria telah dapat diatasi dengan cepat. Sejak tahun 1950, malaria telah berhasil dibasmi di hampir seluruh Benua Eropa dan di daerah seperti Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun penyakit ini masih menjadi masalah besar di beberapa bagian Benua Afrika dan Asia Tenggara. Sekitar 100 juta kasus penyakit malaria terjadi setiap tahunnya dan sekitar 1 persen diantaranya fatal. Seperti kebanyakan penyakit tropis lainnya, malaria merupakan penyebab utama kematian di negara berkembang.
Pertumbuhan penduduk yang cepat, migrasi, sanitasi yang buruk, serta daerah yang terlalu padat, membantu memudahkan penyebaran penyakit tersebut. Pembukaan lahan-lahan baru serta perpindahan penduduk dari desa ke kota (urbanisasi) telah memungkinkan kontak antara nyamuk dengan manusia yang bermukim didaerah tersebut.

Penyakit Malaria yang terjadi pada manusia
Penyakit malaria memiliki 4 jenis, dan masing-masing disebabkan oleh spesies parasit yang berbeda. Gejala tiap-tiap jenis biasanya berupa meriang, panas dingin menggigil dan keringat dingin. Dalam beberapa kasus yang tidak disertai pengobatan, gejala-gejala ini muncul kembali secara periodik. Jenis malaria paling ringan adalah malaria tertiana yang disebabkan oleh Plasmodium vivax, dengan gejala demam dapat terjadi setiap dua hari sekali setelah gejala pertama terjadi (dapat terjadi selama 2 minggu setelah infeksi).
Demam rimba (jungle fever ), malaria aestivo-autumnal atau disebut juga malaria tropika, disebabkan oleh Plasmodium falciparum merupakan penyebab sebagian besar kematian akibat malaria. Organisme bentuk ini sering menghalangi jalan darah ke otak, menyebabkan koma, mengigau, serta kematian. Malaria kuartana yang disebabkan oleh Plasmodium malariae, memiliki masa inkubasi lebih lama daripada penyakit malaria tertiana atau tropika; gejala pertama biasanya tidak terjadi antara 18 sampai 40 hari setelah infeksi terjadi. Gejala tersebut kemudian akan terulang kembali setiap 3 hari. Jenis ke empat dan merupakan jenis malaria yang paling jarang ditemukan, disebabkan oleh Plasmodium ovale yang mirip dengan malaria tertiana.
Pada masa inkubasi malaria, protozoa tumbuh didalam sel hati; beberapa hari sebelum gejala pertama terjadi, organisme tersebut menyerang dan menghancurkan sel darah merah sejalan dengan perkembangan mereka, sehingga menyebabkan demam. Baca Selengkapnya..

Oleh: ankopala | 29 November, 2007

Leave No Trace

Prinsip ‘leave no trace’ pertamanya mungkin tidak terlihat penting, tetapi nilainya sangat terlihat ketika digabungkan dengan pengaruh dari jutaan pengunjung kealam bebas. Satu lokasi perkemahan yang tidak tepat atau perapian mungkin tidak berarti, tetapi ribuan hal semacam itu perlahan akan mengurangi kenikmatan beraktifitas di alam bebas. ‘Leave no trace’ sangat layak untuk dijalankan.

Leave No Trace atau beranjak tanpa meninggalkan jejak berarti jika seseorang mengunjungi tempat yang baru saja anda tinggalkan, maka tidak ada bekas yang mengindikasikan anda pernah disitu. Berikut adalah petunjuk praktis untuk ‘Leave No Trace’ secara dasar dan mungkin anda telah melakukannya sebelumnya. Petunjuk ini hanya langkah awal. Selanjutnya andalah yang melakukannya.

• Rencanakan dan persiapkan: perencanaan perjalanan dan persiapan yang benar membantu pengunjung alam bebas untuk mencapai tujuannya dengan aman dan dapat dinikmati dan pada saat yang sama memberikan kerusakan yang minimal kepada sumber daya alam dan budaya. Pengunjung yang tidak siap, dihadapkan pada situasi yang tidak diinginkan, sehingga sering berakhir pada pemecahan yang berdampak besar pada alam dan membawa resiko pada diri mereka sendiri.

Perencanaan yang buruk sering berakibat pada;
o Perjalanan beresiko tinggi, karena pengunjung tidak mendapatkan informasi mengenai kondisi geografis dan cuaca.
o Lokasi berkemah yang tidak tepat karena pengunjung tidak merencanakan waktu yang cukup untuk mencapai tujuan yang direncanakan.
o Lokasi pembuatan api atau sampah yang berlebihan karena kegagalan perencanaan makanan atau alat yang tidak tepat

Baca Selengkapnya..

Oleh: ankopala | 21 November, 2007

…???

Aku mau tidur… tapi mata ini gak juga menutup

Aku sudah ngantuk… tapi otak melayang gak menentu

Teringat mimpi-mimpi… sampai saat ini belum juga nyata

Waktu pun tertawa… menyeret langkah ku yang semakin tua

Aku langsung bangun dan bakar rokok, ku tendang-tendang ranjangku yang bobrok.. Mengapa aku masih di kamar ini, apa mesti mimpi itu ku beli…

Aku rebah lagi.. mencoba untuk menutup mata lagi

Tapi masih saja… pikiran itu-itu lagi yang datang

Aku bangun lagi dan bakar rokok, kubanting-banting ranjang ku yang bobrok… Mengapa aku tetap di sini apa mesti mimpi-mimpi itu ku beli…..

(by Slank-3-)

Oleh: ankopala | 8 November, 2007

Satu Lagi, Buku tentang Keajaiban Mimpi…

Bagi loe yang udah baca buku 5 cm n Sang Pemimpi, pasti setuju tentang keajaiban dan kekuatan dari sebuah Impian. Gw percaya sama kekuaan impian, sebab bagi orang pas-pasan kaya’ gw yang tersisa cuma impian. Di kedua buku itu gw sadar kalo hidup tuhpercuma kalo gak punya mimpi. Gw pernah denger, segala karya dan penemuan besar peradaban manusia diawali dari sebuah mimpi.

Sang pemimpi menceritakan kisah tiga orang sahabat miskin yang tak punya apa2 selain mimpi dan semangat yang membara. Karena mimpi dan semangat itulah akhirnya mereka berhasil meraih mimpi mereka. Tapi gw sering ngerasa takut naro impian gw tinggi2, gw khawatir gak bisa menjangkaunya. Akhirnya gw inget kata2: kalo mau melihat pemandangan yang indah, mendakilah lebih tinggi lagi. Gw emang belom ngerasain sepenuhnya keajaiban dan kekuatan mimpi gw, tapi insya Allah gw akan ngerasainnya. Amiin…

Sebenernya banyak yg pengen gw tulis tentang mimpi2, tapi rasanya susah banget. Pokoknya gw akan terus bermimpi apaun yg terjadi :-))

Oleh: ankopala | 8 November, 2007

Keajaiban dalam Hidup

Alhamdulillah gw udah slesei baca buku Quantum Ikhlas. Akhirnya gw dapet yg mwnurut gw kurang di buku the secret. Di buku itu dijelaskan juga hukum tarik menarik, positif thinking, positif feeling, n macem2 ilmu yg berguna laennya. Yg gw dapet dari buku itu adalah, kita harus menjalani semua kehidupan ini dengan ikhlas, hanya karena Allah SWT. Banyak orang yang nganggep kalo sikap ikhlas dan pasrah itu sifat yg pengecut, gak berani, gak semangat. Mereka takut dengan sifat ikhlas itu kebutuhan mereka secara materi tidak terpenuhi. Padahal kenyataannya adalah sebaliknya. Sikap ikhlas, pasrah, dan rela akan mendatangkan kekuatan dan keajaiban yg luar biasa dalam hidup ini.

Ringkasnya begini: Baca Selengkapnya..

Oleh: ankopala | 31 Oktober, 2007

Susah?/Seneng?

Rabu, halloween day – 2007

Bingung gw mau nulis apa. Tadi siang ada kawan gw yg nanya, “Kamu seneng terus Ya Pren?”. Gw jawab, “Biasa aja. Susah or seneng kan tergantung kita, susah or seneng tuh dari dalem bukan dari luar”.  Gw pernah liat/denger kata-kata itu dari buku2 yg pernah gw baca. Susah or seneng itu trgantung respon kita ke lingkungan kita. Jadi sebenernya susah or seneng itu kita yg menciptakan bukan lingkungan ato orang lain.  Emang sih susah untuk memberikan respon positif terhadap semua kejadian di sekitar kita, tapi gw akan terus berusaha. 🙂

Gw punya tips dikit untuk loe yg sering susah/sedih: Yang pertama loe harus inget, bahwa Allah selalu memperhatikanmu, selalu mencintaimu; Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. Kedua, Allah gak akan membebani umatnya beban yg gak sanggup dipikul umatnya. Ketiga, dibalik kesusahan pasti ada kemudahan. Keempat, kembalikan semuanya pada Allah SWT. Hmmm, itu cuma tips dari gw mudah2an bisa berguna bagi kita semua.

Semoga kita semua selalu diberikan kesabaran dalam menjalani hidup ini, Amiin.

Older Posts »

Kategori