Oleh: ankopala | 5 Desember, 2010

Malam ini bukanlah malam ini…

Hmmm… Mungkin teman2 bingung dengan judul tulisan ane di atas (sama, ane juga bingung Gan, hehe…). Begini Teman, pernah nggak temen2 berpikir bahwa malam yg kita lihat ini bukanlah malam ini? Maksud ane, kalo temen2 ngelihat langit di malam hari yg cerah pasti kan banyak banget benda2 langit, ya bulan, planet, bintang2 dsb. Benda2 langit tersebut mempunyai letak yg sangat jauh dari bumi, bahkan konon katanya saking jauh jarak tuh benda2 langit manusia menghitungnya pake hitungan tahun cahaya. Ada yg ribuan tahun cahaya, bahkan jutaan tahun cahaya. Mungkin ada yg bingung apa itu tahun cahaya. Begini kawan, misalkan ada sebuah bintang yang jaraknya 1000 tahun cahaya dari bumi, berarti apa bila di suatu saat bintang tersebut bersinar, maka dalam seribu tahun cahaya tersebut baru sampai ke mata kita, atau apa bila bintang tersebut padam, maka dalam seribu tahun baru terlihat padamnya dari bumi. Masih belom ngerti juga?? tanya Mbah Google aja ya. Bisa kita bayangkan berapa jaraknya dari bumi ke bintang tersebut. Kecepatan cahaya adalah 3 x 10 pangkat 8 m/s (300000000 meter per detik), berarti jaraknya dari bumi adalah 300000000 x 3600 x 24 x 365 x 1000 (CMIIW) = ????????? meter (itung sendiri ya, hehehe).

Nah!! Apabila dalam seribu tahun cahaya bintang itu baru sampe ke bumi (mata kita), maka bintang yg kita lihat adalah bintang yang 1000 tahun lalu, bukan bintang pada malam ini. Bayangkan ada berapa juta atau bintang yang ada di langit? Berarti, malam yg kita lihat ini adalah kumpulan malam2 seribu tahun yg lalu, seratus ribu tahun yang lalu, atau satu juta tahun yg lalu.

Sungguh, Allah maha kuasa atas semua benda2 tersebut….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: